Kamis, 30 Juni 2016

Step by step VMWare vCenter Installation vCSA 6




Step by step VMWare vCenter Installation vCSA 6
Tutorial by Nathan Gusti Ryan



Tahap yang harus kita lakukan dalam melakukan installasi vCSA (vCenter Server Appliance) adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan IP address untuk vCenter pada DNS Server atau Router.
  2. Melakukan installasi Client Integration Plugin ( akan digunakan oleh web browser ).
  3. Melakukan installasi vCSA.


I.        Menyiapkan IP address untuk vCenter pada DNS Server atau Router.
Kita bisa mengunakan DNS Server apa saja yang sudah kita miliki untuk menentukan hostname yang akan digunakan oleh vCSA yang kita install nanti. Contohnya seperti pada contoh dibawah ini kita mengunakan DNS pada Router Mikrotik kita.



II.        Melakukan installasi Client Integration Plugin.
Client Integration Plugin diperlukan oleh browser kita dalam melakukan installasi vCSA. Installer Client Integration Plugin ini ada dalam folder /VCSA di dalam DVD atau file ISO Installer VCSA. Lakukan installasi Client Integration Plugin seperti contoh dibawah ini.








III.        Melakukan installasi VCSA.

1.     Untuk melakukan installasi vCSA, kita mengunakan file VCSA-SETUP.HTML dalam file ISO atau DVD installer vCSA dengan web browser Internet Explorer. Better mengunakan IE terbaru misalnya versi 11 seperti contoh dibawah ini.


2.     Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Pilih menu Install untuk memulai proses installasi vCSA.



3.     Checkmark I accept the term of license agreement lalu klik Next saat muncul VMWare EULA dibawah ini. 




4.     Selanjutnya kita tentukan host vSphere yang akan kita upload vCSA ini. Masukkan IP address VMWare vSphere beserta username dan password-nya.



5.     Pilih Yes saat muncul certificate warning dibawah ini.


6.     Selanjutnya masukkan Applicance Name dan password untuk user root vCSA kita nanti.



7.     Selanjutnya pada opsi Embedded Platform Services Controller kita pilih Install vCenter Server with and Embedded Platform Services Controller.


8.     Langkah selanjutnya pada konfigurasi Set up Single Sign On ( SSO ), kita tentukan password untuk user administrator, nama SSO Domain dan SSO Site name. Kita buat seperti contoh dibawah ini.


9.     Langkah selanjutnya kita akan menentukan Appliance Size. Ada 4 pilihan yang dapat kita gunakan untuk menentukan kapasitas atau besaran vCSA sesuai kapasitas jumlah host dan jumlah VM yang akan di manage oleh vCenter ini.


10.  Tahap selanjutnya kita akan menentukan storage / datastore untuk penempatan vCSA di vSphere nanti.



11.  Selanjutnya kita akan menentukan database yang akan digunakan oleh vCSA nanti. Kita bisa mengunakan external database Oracle atau cukup mengunakan embedded database vPostgress.


12.  Tahap selanjutnya kita akan menentukan konfigurasi network yang akan digunakan oleh vCSA nanti. Pastikan FQDN ( Full Qualify Domain Name ) sesuai pengaturan kita pada DNS Server di router yang telah kita buat sebelumnya.



13.  Selanjutnya akan ditampilkan Summary konfigurasi vCSA yang telah kita buat. Jika ada konfigurasi yang belum benar, kita bisa melakukan editing. Jika sudah benar semua, klik Finish untuk memulai installasi vCSA.


14.  Kita tunggu proses installasi sekitar 10 – 30 menit.



15.  Selama proses installasi, kita dapat memantau progress pada Console di vSphere Server kita.


16.  Pastikan koneksi jaringan berjalan dengan baik agar proses installasi tidak mengalami kegagalan.

 
17.  Setelah proses installasi selesai maka pada browser kita akan muncul pesan Installation Complete seperti gambar dibawah ini.


18.  Selanjutnya kita cek di Console vSphere, tampilan vCSA seperti gambar dibawah ini.


19.  Kita bisa mengakses vCenter ini dengan mengunakan Web browser, istlahnya vSphere WebClient : https://fqdn:vsphere-client ataupun https://ipaddress/vsphere-client


20.  Selanjutnya akan tampil seperti gambar dibawah ini.


21.  Kita juga bisa mengakses vCSA mengunakan vSphere Client.


22.  Setelah kita berhasil mengakses vCenter dengan vSphere Client, maka kita dapat melakukan konfigurasi vCenter lebih lanjut.



Tidak ada komentar: