Senin, 13 April 2015

Step By Step Konfigurasi Mikrotik HotSpot dengan User Manager dan Radius Server (bagian 2)

Logo-Wifi-XP-Solution-Mikrotik-HotSpot

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini adalah Step by Step konfigurasi Mikrotik HotSpot dengan User Manager dan Radius Server yang merupakan kelanjutan atau pengembangan dari artikel yang telah saya buat sebelumnya :

Step By Step Konfigurasi Mikrotik HotSpot dengan User Manager (bagian 1)

Keuntungan kita dengan mengunakan User Manager dan Radius Server ini adalah untuk lebih memudahkan kita dalam melakukan Manajemen User HotSpot, baik dalam pembuatan account secara massal ataupun pembuatan Kartu Member HotSpot, pembuatan Profile user, pengaturan bandwith user profile, monitoring user session atau user yang sedang aktif, memantau Log User, pelaporan / accounting / payment, dan lain-lain.

Step By Step Konfigurasi Mikrotik HotSpot dengan User Manager (bagian 1)

xps-mikrotik-hotspot

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Berikut ini kita akan melakukan konfigurasi Mikrotik HotSpot dengan mengunakan User Manager dan Radius. Keuntungan mengunakan User Manager adalah kemudahan dalam membuat user Hotspot dalam jumlah banyak dengan waktu yang cepat serta dapat dioptimalkan lagi dengan System Ticket. Konsep konfigurasi yang akan kita lakukan adalah seperti gambar Layout dibawah ini : 

layout_desain_mikrotik_hotspot_warnet_cafe

Kali ini kita akan melakukan konfigurasi dengan data sebagai berikut :
IP Modem ADSL / IP Gateway : 192.168.1.1
IP Mikrotik Interface WAN : 192.168.1.23
IP Mikrotik Interface LAN : 192.168.88.1

Step By Step mengatasi Device Locked Modem Bolt 4G Huawei e5372 akibat upgrade firmware 21.270.11.04.1151

Bolt!-Device-Locked-08-4-2015-007


Penulis artikel : Nathan Gusti Ryan

Setahun lalu ( awal 2014 ), saya membeli Modem Bolt 4G Huawei e5372s ( 3G - 4G LTE Wifi Router ). Walaupun belum ada jaringan 4G LTE di Surabaya, saya masih bisa mengunakan Modem Bolt 4G ini untuk koneksi 3G dengan berbagai provider dan karena itulah saya memilih untuk membeli modem yang unlocked untuk semua provider GSM dari Vendor di Hitech Mall Surabaya. Selanjutnya sekitar bulan Maret 2015 Telkomsel sudah melayani jaringan 4G LTE di Surabaya.

Modem-Wifi-Router-Bolt-4G-Huawei-e5372s 


Pada suatu pagi tanggal 08 April 2015, terdapat warning update Firmware versi 21.270.11.04.1151 di modem Bolt 4G Huawei e5372s saya.


Panduan Disaster Recovery Plan ( DRP )

Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan
Berikut ini Tutorial dalam membangun atau menyiapkan Disaster Recovery Planning. Tutorial ini merupakan implementasi penulis dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai IT System Administrator yang berkewajiban menjaga Stabilitas Server System sehingga kita bisa mendapatkan ZERO DOWNTIME Server System




Disaster Recovery Plan adalah tahapan-tahapan proteksi Server System kita yang harus dipersiapkan agar jika terjadi musibah maka proses Recovery dapat dilakukan dengan cepat. DRP sangat hubungannya dengan ZERO DOWNTIME Server System dimana tujuan utama dari suatu Server System atau DATA CENTER memberikan layanan tanpa henti kepada Client maupun kepada Customer. 

Jika suatu Server System atau DATA CENTER tidak didesain dengan sempurna maka server akan mengalami DOWN atau bahkan mengalami kerusakan dan membutuhkan waktu sekian menit bahkan berjam-jam. Dan dapat kita bayangkan, misalkan puluhan hingga ratusan nasabah bank akan meng-antri di depan mesin ATM atau bahkan nasabah menjadi tidak percaya pada bank dan menarik uang deposit / tabungan-nya.  

Tahapan Disaster Recovery Plan adalah sebagai berikut :