Rabu, 17 Juni 2015

Tips and Trick membuat account Google Adsense dan Youtube Adsense




Penulis Artikel : Nathan Gusti Ryan

Membuat account Google Adsense memang sekilas mudah, namun kenyataannya banyak yang mabuk karena bukan cuman sekali dua kali ditolak cinta sama Google Adsense namun ada yang mencapai belasan kali. ( Pantang menyerah bro. Walaupun sebenarnya itu konyol dan membabi buta ). 

Penulis sendiri juga pernah sekali ditolak cinta sama Google Adsense ( tahun 2007 ). Lalu beberapa hari kemudian register lagi dan langsung diterima lamaran cinta saya oleh
Google Adsense.

Selanjutnya dari sejumlah kasus dan penulis support hingga berhasil diterima lamaran cinta sama Google Adsense, maka penulis buat sejumlah penelitian untuk membuat formula jitu dengan cara membedakan "Apa yang boleh dan apa yang tidak boleh" alias aturan main dalam registrasi Google Adsense.

Sebelum kita lanjutkan pada pembahasan lebih jauh, sebaiknya baca tutorial ini :


TIPS 1 : REGISTRASI WEBSITES UNTUK GOOGLE ADSENSE.
Okey, berikut ini saya sharing cara membuat account Google Adsense :
1. Jangan mengunakan Wordpress.com
( karena tidak boleh buat layanan adsense oleh Wordpress ). 
2. Jangan mengunakan Blogspot.com yang kurang dari 6 bulan aktivasi blog tersebut atau sebaiknya bikin domain sendiri. ( jangan mengunakan subdomain ).
3. Konten halaman sebaiknya berisi semacam Artikel, News / berita. ( Jangan mengunakan konten statis seperti websites company profile doang ).
4. Jangan menyebut "Make Money Online" di websites. Ini tabu alias pamali buat Google. ( saya baca dengan jelas pada salah satu email penolakan dari Google pada salah satu kasus yang saya support ).
5. Sebaiknya konten berbahasa Inggris atau campuran bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris. ( jangan mengunakan bahasa dari dunia lain ).
6. Dengan BlogSpot, kita bisa melakukan pointing ke domain kita sendiri. Jadi bisa hemat tidak perlu hosting, cukup kita membeli domain saja. Harganya sekitar 90rb - 120rb pertahun.
7. Tips : Usia domain dan konten domain waktu register juga cukup berpengaruh.

Pointing
BlogSpot ke domain bisa kita lakukan dan bisa menjadi seperti www.thinkxfree.com 




TIPS 2 : VIDEO YOUTUBE.1. "Video saya tidak banyak koq. Tapi pengunjungnya yang banyak". Intinya adalah kualitas video. Apakah video yang kita upload ke Youtube itu memberi manfaat kepada banyak orang apa tidak. Jika videonya bagus, bakalan banyak yang sharing link video kita ke sosial media.
https://www.youtube.com/channel/UCj1XYXZqD3EXuK9LD4jH3ig
2. Publikasi media sangat membantu broadcast link video Youtube kita. Termasuk sharing ke berbagai sosial media.
3. Hati-hati salam mempublish video yang bukan milik kita atau pemilik / penciiptanya tidak jelas. Selama gak ada yg komplain sich ya gak masalah. Tapi jangan kaget kalo Youtube juga bisa tahu penggalan video buatan orang lain aja bisa di non aktifkan monetisasi video kita. Bisa mencoba untuk mengambil video dari acara Streaming TV Online. Kalau copyright TV kan, makanya banyak di Youtube yang mempublish acara Televisi. Itu bisa jadi contoh atau inspirasi untuk merekam video sendiri.
4. Jangan membuat video dengan cuplikan video klip milik orang lain maupun sembarangan memberi musik. Apalagi yang original, ntar pasti akan ada yang mengklaim.
5. Jika membuat video dari CD / DVD lagu yg gak ada hak ciptanya, misalnya acara Live musik atau acara musik dangdut. 
6. Dulu Google Adsense hanya buat websites saja. Jadi mesti punya websites dulu baru bisa daftar Google Ads. Sekarang kita bisa daftar account Google Adsense tanpa punya websites tapi punya Account Youtube. Disitu ada menunya untuk register Google Adsense via Youtube.

NOTE :
  • Penghasilan $ dari Youtube sebetulnya pada awalnya penulis dapatkan dengan iseng-iseng saja. Awalnya penulis sekedar sharing video tutorial aja. Tapi penasaran begitu Youtube bilang bahwa video Youtube saya potensial untuk dipasang iklan alias dimonetisasi. Iseng-iseng saya aktifkan fitur tersebut. Dan pembayarannya bisa dibayarkan ke account Google Adsense. Nah kebetulan saya sudah mempunyai account Google Adsense, tinggal dilink saja sudah selesai...
  • Awalnya penghasilan $ penulis masih sedikit. Tapi begitu video yang penulis upload booming, maka selanjutnya $ mengalir dengan cepat...
Selamat mencoba...



8 komentar:

  1. Pak Nathan saya mau tanya apabila sebelumnya di Adsense kita mendaftarkan url website, untuk merubah ke youtube adsense bagaimana ya?

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Pak Nathan, saya mau tanya apabila sebelumnya sudah terdaftar url web pada akun adsense, untuk di merubah menjadi youtube adsense bagaimana ya pak?

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Account Google Adsense yang sudah di approve tersebut bisa menjadi penerima pembayaran dari Youtube Adsense. Tapi account Youtube-nya tetap harus diaktifkan fitur monetisasinya.

    BalasHapus
  4. Namun untuk url website statusnya masih ditolak oleh google adsense, kalau kasusnya seperti itu bagaimana ya pak untuk monetisasi youtube untuk menggantikan website yang terdaftar di google adsense?

    Terima kasih

    BalasHapus
  5. Lupakan websites anda yang telah ditolak cinta sama Google Adsense. Buka lembaran baru. Ikuti tutorial ini : 1. Bikin Account Youtube dgn Gmail. 2. Aktifkan fitur monetisasi dan upload bbrp video. 3. Register Account Google Adsense via Youtube ini. 4. Tunggu 1-2 hari balasan dari Google Adsense. 5. Selesai.

    BalasHapus
  6. makasih mas nathan tutorial nya sangat berguna dan bermanfaat :)

    BalasHapus
  7. Pak Nathan, tutorialnya bermanfaat sekali,
    Beberapa hari lalu saya upload beberapa vidio dan sudah diaktifkan/monetisasi,dari tutorial diatas kemudian masuk ke langka selanjutnya, kemudian disuruh pengaitan dengan Adsense namun ketika masuk ada tanda kuning yang kurang lebih isinya, anda masuk akun google yang bukan merupakan akun aktif adsense/masih menunggu persetujuan. sebelumnya pernah mendaftar GA sihh, mengggunakan blogspot namun ditolak.

    Mohon pencerahan dan feedbacknya.

    Makasih

    BalasHapus
  8. Bang saya mau nanya. Saya sudah daftar adsense lewat blogspot . Terus upload video di youtube dan sudah dimonetifikasi.lalu pada saat peninjauan ke dua adsense saya di tolak.lalu nasib you tube monetifikasi saya gimana?

    BalasHapus